Izin Pendirian Satuan Pendidikan Formal

Tanggal Posting : 12 October 2019 | Tanggal Pembaharuan : 25 July 2022
Dasar Hukum

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Peraturan Bupati Nias Nomor 16 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan dan Pendelegasian Kewenangan Perizinan Berusaha di Kabupaten Nias
  3. Keputusan Bupati Nias Nomor 530/253/K/Tahun 2022 tentang Penetapan Standar Pelayanan (SP) Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias
  4. Keputusan Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Nias Nomor : 503/ 22 /KEP.DPMPTSP/2022 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Perizinan Berusaha dan Non Perizinan Pada DPMPTSP Kabupaten Nias


Persyaratan Administrasi

Download   WhatsApp

  1. Surat Permohonan yang ditunjukkan kepada Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Nias
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB) khusus Penyelenggara Pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat
  3. Akta Pendirian khusus Penyelenggara Pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat + AHU
  4. Hasil Studi Kelayakan
  5. Isi Pendidikan
  6. Jumlah dan Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
  7. Fotocopy Direktur (Pemilik / Penanggungjawab)
  8. Pembiayaan pendidikan
  9. Sistem evaluasi dan sertifikasi
  10. Manajemen dan proses pendidikan
  11. Rekomendasi Teknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nias
  12. Fotocopy NPWP, 1 (satu) lembar
  13. Sarana dan prasarana pendidikan


Alur & Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon Registrasi dan Mengajukan permohonan di Aplikasi Perizinan Nasional : sicantik.go.id
  2. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke DPMPTSP Kabupaten Nias melalui Front Office
  3. Berkas Permohonan diterima dan di Verifikasi
  4. Front Office mencetak bukti tanda terima dokumen dan diserahkan kepada Pemohon
  5. Front Office menyerahkan dokumen ke Back Office
  6. Back Office melanjutkan pengentrian data
  7. Kepala Seksi melakukan Verifikasi Kelengkapan Dokumen
  8. Back office melakukan percetakan draft izin
  9. Dokumen di Paraf secara bertahap oleh Kepala Seksi, Kepala Bidang dan Sekretaris
  10. Dokumen di tanda tangani secara manual oleh Kepala Dinas
  11. Dokumen di kembalikan ke Back Office untuk dilakukan penandatanganan secara elektronik
  12. Back Office melakukan percetakan dokumen yang telah di tanda tangani secara elektronik
  13. Dokumen diserahkan ke Front Office
  14. Front Office menyerahkan dokumen ke Pemohon, dan mencetak tanda terima izin


Waktu Proses

5 Hari


Biaya Layanan

Gratis


Masa Berlaku

5 Tahun