Surat Izin Praktik Bidan

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan


Persyaratan Administrasi
| Download

  1. Surat Permohonan
  2. Surat Pernyataan diatas kertas bematerai Rp 10.000 yang menyatakan Akan bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan setempat.
  3. Surat Pernyataan diatas kertas bematerai Rp 10.000 yang menyatakan Tidak melakukan tindakan Aborsi.
  4. Fotocopy KTP, 1 (satu) lembar
  5. Rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan
  6. Fotocopy Pemegang kuasa (jika dikuasakan) 1 Lembar
  7. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dilegalisir
  8. Pasphoto Berwarna 3x4 cm menggunakan Pakaian Profesi, 2 (dua) lembar / Softfile Foto diupload melalaui link (https://bit.ly/3kjvpgN)
  9. Map Transparan (Snechelter), 2 (dua) buah
  10. Fotocopy Bukti Lunas PBB tempat Praktik dibuktikan dengan Dokumen Konfirmasi Status Wajib Pajak Daerah (KSWPD)
  11. Surat Rekomendasi/Pengantar dari organisasi profesi Bidan Setempat
  12. Fotocopy Ijazah Pemohon yang di Legalisir terbaru
  13. Fotocopy NPWP, 1 (satu) lembar
  14. Fotocopy Surat Setoran Retribusi Daerah (SSRD)
  15. Surat Pernyataan diatas Materai Rp 10.000 yang menyatakan telah Memiliki Tempat Praktik (khusus Bidan Mandiri)


Alur & Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon Registrasi dan Mengajukan permohonan di Aplikasi Perizinan Nasional : sicantik.go.id
  2. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke DPMPPTSP Kabupaten Nias melalui Front Office
  3. Berkas Permohonan diterima dan di Verifikasi
  4. Front Office mencetak bukti tanda terima dokumen dan diserahkan kepada Pemohon
  5. Front Office menyerahkan dokumen ke Back Office
  6. Back Office melanjutkan pengentrian data
  7. Kepala Seksi melakukan Verifikasi Kelengkapan Dokumen
  8. Kepala Bidang Menetapkan Permohonan
  9. Back office melakukan percetakan draft izin
  10. Dokumen di Paraf secara bertahap oleh Kepala Seksi, Kepala Bidang dan Sekretaris
  11. Dokumen di tanda tangani secara manual oleh Kepala Dinas
  12. Dokumen di kembalikan ke Back Office untuk dilakukan penandatanganan secara elektronik
  13. Back Office melakukan percetakan dokumen yang telah di tanda tangani secara elektronik
  14. Dokumen diserahkan ke Front Office
  15. Front Office menyerahkan dokumen ke Pemohon, dan mencetak tanda terima izin


Waktu Proses

5 Hari


Biaya Layanan

Gratis


Masa Berlaku

5 Tahun